Posted by : Elda Like Chibi Mar 4, 2014

Kali ini saya mau berbagi info soal jajanan khas Jepang.

Dorayaki

Siapa yang gak kenal Dorayaki yang merupakan makanan kesukaan Doraemon. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.



Takoyaki
Takoyaki merupakan salah satu cemilan khas jepang. Bentuknya bulat seperti baso, karena itu disebut juga baso panggang jepang (tako=octopus ; yaki=panggang) karena cara pembuatannya tidak digoreng dalam minyak yang banyak, tetapi dipanggang dalam suatu cetakan setengah bulatan kemudian dibalik-balik sehingga berbentuk bulatan penuh.



Dango
Dango merupakan kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil yang dimasak dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3-5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.
Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. 


Manju
Manju merupakan kue tradisional Jepang. Ada banyak jenis Manju, tetapi kebanyakan memiliki luar dibuat dari tepung terigu, tepung beras dan gandum dan pengisian an (pasta kacang merah), terbuat dari kacang Azuki rebus dan gula. Mereka direbus bersama-sama lagi dan diremas. Ada beberapa jenis pasta kacang yang digunakan termasuk koshian, tsubuan, dan tsubushian.



Taiyaki
Taiyaki merupakan kue Jepang berbentuk ikan dan terbuat dari adonan tepung terigu yang dipanggang, kemudian diisi selai kacang merah. Bagian atas dan bawah kue dipanggang terpisah, setelah hampir matang kedua bagian disatukan dengan selai kacang merah. Taiyaki juga sering diisi coklat, keju atau sosis. Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merahnya, kalo sampai bagian ekor berarti kualitasnnya bagus.



Senbei
Senbei adalah makanan ringan asal Jepang yang dibuat dari tepung beras atau tepung serealia yang lain. Biasanya disebut Japanese crackers. Makanan ringan ini bisa berbentuk bundar, persegi, atau persegi panjang yang pipih, dan dimatangkan dengan cara dipanggang hingga berwarna kuning keemasan.



Okonomiyaki
Okonomiyaki salah satu jajanan khas Jepang terbuat dari bahan terigu diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging (bisa gurita, ikan, dll) terus digoreng diatas penggorengan datar atau disebut teppan. Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti “suka-suka” (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti “panggang”. Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.



Mochi
Mochi adalah kue khas Jepang yang terbuat dari beras ketan ditumbuk menjadi lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang itu secara tradisional dibuat dalam suatu upacara yang disebut mochitsuki.



Kakigori
Kakigori (かき氷) adalah makanan pencuci mulut  khas Jepang yang terbuat dari es yang diserut kemudian di tambahkan dengan sirup berbagai macam rasa. Beberapa toko menyediakan variasi yang berwarna-warni dengan menggunakan dua atau lebih sirup yang berbeda. Untuk mempermanis Kakigori, susu kental sering dituangkan di atasnya.


Ringo ame
Ringo ame artinya apel manis biasanya selalu hadir di festival-festival yang diadakan di Jepang. Ringo ame merupakan apel yang dicelupkan ke larutan karamel dan gula yang diberi pewarna merah alami.



Nah, sekian dulu ulasannya.. 

Leave a Reply

Selalu meninggalkan jejak berupa comment 1 or 2 patah kata
Selalu gunakan bahasa yang sopan

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Referral Banners

- Copyright © 2013 Manga & Anime Zone (M&A Zone) - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -